Mau Coba Usaha Pertanian? Simak Cara Membuat Taman Hidroponik Sederhana dari Pipa Ini

Cara Membuat Taman Hidroponik dari Pipa

Cara Membuat Taman Hidroponik Sederhana dari Pipa – Banyak orang memiliki aktivitas populer baru sejak pemberlakuan aturan untuk tetap di rumah saja, salah satunya menanam tanaman. Teknik menanam yang mudah diterapkan dan cukup menghemat ruang yakni hidroponik. Bagi Anda yang baru saja memulai aktivitas baru tersebut sebaiknya ketahui cara membuat taman hidroponik sederhana dari pipa yang sangat mudah.

Bahkan tidak membutuhkan modal yang cukup besar juga, jika saat ini Anda mulai terpikirkan untuk bukan bisnis di bidang pertanian. Anda bisa memulainya dengan cara membuat taman hidroponik pakai pipa air bekas saja. Mudah dan gampang banget! Pilih pipa air SNI agar taman hidroponik bisa bertahan lama dan tidak menyebabkan masalah.

5 Cara Membuat Taman Hidroponik dari Pipa

Tanaman hidroponik merupakan hasil dari teknik penanaman tumbuhan dengan memanfaatkan air sebagai medianya. Cocok bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas karena dapat diletakkan di manapun. Serta menggunakan beragam alat praktis mudah ditemukan di rumah seperti pipa paralon seperti pada langkah berikut.

1. Siapkan Bahan dan Peralatan

– Gergaji.
– Tanaman yang akan ditanam (pilih tanaman berdaun dan berakar yang masih muda).
– Pipa paralon.
– Penutup paralon.
– Lem khusus paralon.
– Penyambung.
– Gelas plastik dengan lubang-lubang kecil di bawahnya.
– Pelet tanah atau kerikil.

2. Potong dan Lubangi Pipa Paralon

Lubangi bagian permukaan pipa sejajar berurutan namun renggang, buatlah lubang dengan diameter sesuai gelas plastik yang akan dimasukkan. Jarak renggang antar lubang buat sekitar 10 hingga 15 cm. Hal tersebut untuk memudahkan akar satu tanaman yang tumbuh dan berkembang tidak berhimpitan.

3. Tutup Setiap Ujung Paralon

Tutuplah kedua ujung paralon yang berlubang dengan penutupnya atau plastik biasa setelah membuat lubang di sepanjang permukaan. Pastikan bahwa penutup tersebut rapat agar air tidak merembes keluar atau bocor.

4. Siapkan dan Atur Media Gelas Plastik

Masukkan tanaman dan media pelet tanah atau kerikil ke dalam gelas plastik secukupnya sesuai ukuran tumbuhan yang akan ditanam. Atur tanaman agar berdiri tegak dengan akar yang menjulur ke bawah menuju arah lubang gelas plastik. Masukkan gelas plastik ke dalam lubang pipa dan pastikan bahwa ukuran tinggi gelas sesuai dengan dalamnya lubang

5. Isi Air dan Cek Ketersediaan Air dalam Pipa Secara Berkala

Isi pipa dengan air dari salah satu lubang yang masih belum berisi gelas plastik hingga volume yang pas. Setelah semua pipa terisi gelas plastik dan air yang pas maka Anda hanya mengeceknya secara berkala di tahap selanjutnya. Pastikan air di dalam pipa selalu terisi dan jangan sampai kekeringan, potong akar tanaman jika tumbuh terlalu lebat dan memanjang.

Tunggulah beberapa minggu hingga tanaman hidroponik sudah siap untuk dimanfaatkan dan diolah. Cara membuat taman hidroponik sederhana dari pipa tersebut layak dicoba diterapkan di beberapa ruang rumah Anda. Selain bermanfaat untuk dikonsumsi, juga bisa digunakan sebagai penyegar dan penghias ruangan agar tampak hijau.

Dan pastinya ini juga bisa jadi peluang untuk usaha bisnis baru Anda selama masa-masa pandemi covid-19 ini. Yuk coba dirumah!

0