Ini Dia Tips Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji 3 Juta per Bulan

Ini Dia Tips Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji 3 Juta per Bulan

Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji 3 – Mengatur keuangan keluarga menjadi penting untuk dilakukan, apalagi kebutuhan semakin hari semakin meningkat. Selain itu jika memiliki anak, maka pengeluaran dalam keluarga akan semakin banyak. Kadang, ada beberapa kebutuhan yang membuat Anda harus mengeluarkan anggaran melebihi biasanya. Ditambah kebutuhan mendadak dan tidak terduga juga sering datang dalam keluarga Anda.

Tentu jika hal tersebut terjadi, atau untuk menghindari hal itu terjadi, maka menjadi penting untuk dilakukan pengaturan terhadap keuangan keluarga Anda. Jika tidak, maka pengelolaan keuangan dalam keluarga Anda tidak bisa terkendali yang mengakibatkan pengeluaran tidak terkontrol. Sehingga Anda akan sulit menabung, apalagi jika gaji Anda berada di angka 3 juta per bulannya. Untuk mengetahui tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta per bulan simak artikel berikut sampai selesai ya.

Tips Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji 3 Juta per Bulan

Mengatur keuangan keluarga tentu memiliki banyak manfaat yang akan Anda dapatkan, seperti Anda akan memiliki arus keuangan keluarga yang lebih sehat, meminimalisir keuangan yang tidak terkontrol, sehingga uang anda dapat dialihkan untuk kebutuhan penting lainnya. Seperti jika Anda sedang memiliki kredit jangka panjang ataupun pendek, maka dengan gaji 3 juta per bulan, maka Anda tetap bisa melakukan pembayaran tanpa melebihi batas.

Selain itu juga dapat mengontrol keuangan Anda supaya meminimalisir pengeluaran tidak terduga, yang justru hal ini yang membuat Anda menjadi boros. Dengan melakukan tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta per bulan ini diharapkan Anda akan mengetahui dengan detail biaya yang semestinya keluar, supaya tidak melebihi batas pengeluaran yang berlebihan.

Untuk itu ini dia tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta per bulan yang bisa Anda lakukan mulai saat ini:

  1. Alokasikan Gaji Anda dengan Bijak

Mengalokasikan gaji ini perlu untuk dilakukan supaya keuangan dalam keluarga terkontrol dengan baik. Nah dengan gaji 3 juta per bulan, bukan berarti sulit melakukan alokasi gaji dengan bijak. Anda bisa memulainya dengan merinci pengeluaran pokok apa saja yang harus dikeluarkan.

Usahakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari alokasikan dengan cermat dan tepat, serta lebih banyak dari kebutuhan yang lainnya.

Sebagai contoh, jika gaji Anda 3 juta per bulan, maka alokasikan untuk kebutuhan sehari-hari sebesar 50%, untuk biaya cicilan maupun tagihan sebesar 20%, untuk tabungan sebesar 10%, sedangkan untuk dana investasi 10%, serta untuk dana darurat dan zakat sebesar 10% dari sisa semuanya.

  1. Membuat Anggaran Perencanaan Keuangan

Untuk tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta per bulan yang kedua bisa Anda lakukan adalah dengan membuat anggaran.

Membuat anggaran ini menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan. Mungkin bagi Anda yang belum pernah mengatur keuangan dengan membuat anggaran perencanaan akan sedikit sulit. Tetapi jika Anda sudah terbiasa membuat anggaran perencanaan keuangan maka akan lebih mudah.

Mulailah membuat anggaran perencanaan keuangan dengan jelas dan rinci. Kemudian anggaran yang sudah Anda buat secara rinci dan jelas tersebut, jadikan patokan pengeluaran keuangan Anda. Jangan lupa setelah itu Anda juga perlu mencatat keuangan yang sudah digunakan.

Dengan begitu Anda bisa lebih memahami pola keuangan Anda. Gunakan secara bijak, usahakan jangan mengeluarkan uang lebih dari yang sudah Anda anggarkan.

Jika memang ada satu kebutuhan yang harus mengeluarkan lebih banyak biaya dari yang sudah Anda anggarkan, maka Anda ambil dari anggaran kebutuhan lain yang sekiranya bisa Anda gunakan untuk menutupi kebutuhan yang membengkak, usahakan jangan mengambil dana darurat dan dana tabungan yang sudah Anda sisihkan.

Kemudian catatan pengeluaran keuangan yang sudah Anda buat tersebut, Anda bisa sandingkan dengan anggaran yang sudah Anda buat, apakah sudah sesuai dan ada pengeluaran yang berlebihan? Jika iya, maka Anda harus mulai menghemat di biaya pengeluaran yang membengkak tersebut. Selalu gunakan perkiraan yang tepat dalam membuat anggaran perencanaan.

  1. Siapkan Dana Darurat

Ketiga, tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta per bulan yang juga harus Anda lakukan adalah menyiapkan dana darurat, hal ini penting untuk dilakukan supaya jika ada hal-hal mendesak yang terjadi, seperti sakit, kecelakaan, adanya bencana dan kebutuhan yang tidak anda perkirakan sudah ada dana sendiri.

Dana darurat penting untuk disisihkan supaya jika nanti dibutuhkan, tidak mengganggu pengeluaran keuangan yang lainnya. Dana darurat ini biasanya disiapkan sesuai gaji bulanan Anda. Anda bisa perlahan mempersiapkan dana darurat untuk keluarga Anda minimal 6 hingga 12 kali dari jumlah gaji Anda.

  1. Menabung di Awal Bulan

Menabung di awal bulan bisa menjadi tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta per bulan Anda menjadi lebih baik. Hindari kebiasaan menabung di akhir bulan. Karena Anda sudah mengalokasikan gaji Anda untuk tabungan. Maka benar-benar sisihkan untuk tabungan. Setelah Anda mendapat gaji, langsung bisa Anda sisihkan.

Jika Anda memilih akan menabung di akhir bulan, justru akan lebih sulit, karena bisa saja Anda tidak memiliki sisa untuk pengeluaran di bulan tersebut.

Tabungan ini bermanfaat jika suatu saat ada kebutuhan yang sangat mendadak dan membutuhkan uang. Tetapi jika kebutuhan mendadak tersebut tidak begitu penting, jangan mengambil uang tabungan tersebut. Selalu pertimbangkan secara matang dan bijak.

  1. Buatlah Kalender Tagihan

Tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta per bulan selanjutnya Anda bisa membuat kalender tagihan setiap bulan. Mulai dari tagihan listrik dan air, uang sekolah anak, hingga tagihan hutang jika memang ada. Buatlah kalender tagihan tersebut di awal bulan setelah Anda mendapatkan gaji, tetapi gunakan sesuai dengan anggaran yang sudah Anda buat sebelumnya.

Dengan membuat kalender tagihan secara rutin setiap bulannya, Anda akan terhindar dari pembayaran tagihan yang terlambat, dan justru akan membuat Anda dikenakan denda di tagihan selanjutnya.

Jika Anda membayar tagihan terlambat, banyak kerugian yang akan Anda terima, dan membuat pengeluaran akan lebih banyak untuk denda.

  1. Pantau Setiap Pengeluaran

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memantau setiap pengeluaran yang sudah Anda gunakan. Untuk bisa lebih memahami atau mengetahui pola keuangan Anda, perlu Anda lakukan pemantauan pengeluaran Anda setiap bulannya.

Jika memang pengeluaran Anda lebih banyak, maka Anda bisa melakukan evaluasi dengan cara menekan pengeluaran yang lebih banyak tersebut.

Nah itu tadi beberapa tips mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta per bulan yang bisa mulai Anda lakukan sejak sekarang.

Dengan mengatur keuangan keluarga, membuat Anda menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang, karena kebutuhan keluarga memang lebih banyak. Sehingga perlu untuk mengatur keuangan keluarga Anda. Semoga bermanfaat!

Sumber referensi dari Duwitmu

0