Tips Memulai Usaha Les Rumahan, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Baca!

Tips Memulai Usaha Les Rumahan

Tips Memulai Usaha Les Rumahan – Sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memulai usaha yang minim modal. Selain bisa menambah pengalaman, tentunya akan menambah uang jajan Anda juga bukan? Salah satu jenis usaha minim modal yang bisa Anda lakukan adalah membuka usaha les rumahan, terutama untuk Anda mahasiswa yang berada di tingkat akhir. Sambil mengisi waktu luang disela-sela tugas akhir, Anda bisa memulai usaha les ini.

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana tips memulai usaha les rumahan yang bisa dilakukan mahasiswa tingkat akhir. Yuk simak artikel berikut sampai selesai ya!

Tips Memulai Usaha Les Rumahan

Sebagai seorang mahasiswa, tentunya Anda dipandang memiliki pengetahuan yang lebih baik, terutama bagi Anda yang berkuliah di universitas ternama di Indonesia. Usaha les rumahan ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai usaha, bahkan usaha ini hampir tidak membutuhkan modal sama sekali kecuali modal pengetahuan. Karena Anda bisa memulai usaha ini di rumah atau di kos-kosan.

Meskipun saat ini sudah hadir banyak aplikasi online yang dapat membantu anak-anak sekolah dalam belajarnya. Tetapi adanya guru les rumahan ini masih dibutuhkan, karena anak-anak dapat berkomunikasi secara langsung jika mengalami kesulitan dalam belajar. Hal ini tentunya juga diinginkan para orang tua yang membutuhkan les tambahan untuk anaknya.

Nah beberapa tips memulai usaha les rumahan yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Tentukan Target Siswa

Tentukan target, jadi Anda harus menentukan terlebih dahulu apakah Anda ingin mengajar les anak SD, SMP, SMA atau umum.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan

Usahakan mengajar les sesuai dengan kemampuan dan bidang yang Anda miliki. Supaya Anda tidak perlu repot-repot mengulang pelajaran SMP/SMA lagi.

Contohnya jika Anda jurusan Kimia, maka Anda bisa mengajar les anak-anak SMP/SMA jurusan kimia. Jika Anda dari jurusan Ekonomi, maka bisa mengajar les anak-anak SMA/SMA jurusan Ekonomi.

Jika Anda memilih mengajar anak-anak SD, tentunya ini lebih mudah karena tidak perlu sesuai bidang Anda. Karena pelajaran anak SD masih cukup mudah dan bisa Anda pahami dengan baik.

4. Promosi

Anda bisa memulai mengajar les ini dari teman-teman Anda yang memiliki adik, baik masih bersekolah di jenjang SD, SMP maupun SMA, ingat tetap sesuaikan dengan kemampuan Anda.

5. Buat Materi Bahan Ajar

Buatlah susunan materi yang nantinya akan diberikan kepada murid les Anda. Anda harus selalu update dengan kurikulum supaya tidak salah memberikan materi.

6. Tarif Les

Tentukan tarif yang Anda tetapkan untuk usaha les rumahan ini. Usahakan jangan membuat tarif yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

7. Tentukan Jadwal

Tentukan jadwal yang sekiranya tidak mengganggu aktivitas Anda. Selain itu Anda juga harus memikirkan waktu terbaik untuk les anak-anak tersebut.

8. Asah Kemampuan Diri

Usahakan selalu mengasah kemampuan diri Anda. Salah satunya dengan sering membaca materi dan informasi mengenai dunia pendidikan. Anda bisa mulai membacanya di Kelasqu.id, yaitu website yang membahas berbagai materi khususnya di dunia pendidikan. Selalu jalin hubungan baik dengan orang tua anak.

9. Strategi Promosi

Anda bisa melakukan strategi promosi sehingga jasa Anda lebih dikenal secara luas. Bisa mulai dari menyebarkan brosur ke sekolah hingga membagikan di media sosial.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa mulai Anda lakukan ketika ingin memula usaha les rumahan. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tidak ada salahnya jika memilih usaha yang satu ini karena cukup menguntungkan. Semoga bermanfaat!

0